Tuesday, February 1, 2011

respon,fokus,ego


Setiap hal yang telah terjadi mengundang respon bermacam-macam.

Mungkin saja air mata, senyuman, memejamkan mata, menarik nafas dalam-dalam, atau bahkan tertawa terbahak-bahak.Banyak respon yang bisa terjadi dengan sesaat.

Namun,untuk kali ini..sesaat saja ijinkan saya berpikir tentang ‘hilangnya sebuah pengharapan’ dan apakah respon kamu ketika mendengar kalimat ini?

Bagi saya, saya tidak merespon apa-apa, meski mungkin sedikit mengerungkan alis sebelah. Tidak pernah ada harapan yang hilang! Karena pengharapan tidak pernah mengecewakan, yang mengecewakan adalah keputusan hati kita. Hati kitalah yang akhirnya memutuskan untuk berperasaan “kecewa”

Ayo buka mata kita lebar-lebar, hingga kita tersadarkan…mulailah merespon dengan benar! Ingat,focus itu ditujukan untuk sebuah tujuan bukan untuk sebuah keegoisan.

Hari-hari ini saya belajar apa itu ‘egois’ dan apa itu ‘respon’ dan apa itu ‘fokus’.

Tiga hal yang cukup dekat kaitanya, dan sulit membedakan antara focus dan egois jika kita tidak mengawali dengan respon yang benar.

Pilihannya adalah merespon dengan benar membawa kita pada focus yang benar dan tidak menjadikan kita egois, atau Keegoisan yang membawa respon tidak benar hingga tidak pernah bisa menajdi focus.

No comments: